Ozon-SILAMPARI

Buletin Online Wang Kite

MANFAAT DAN BAHAYA OZON (Bagian I)

LAPISAN OZON DI STRATOSFER

Ozon pertama kali ditemukan oleh Christian Friedrich Schonbein pada tahun 1840. Penamaan ozon diambil dari bahasa yunani OZEIN yang berarti smell atau bau. Ozon dikenal sebagai gas yang tidak memiliki warna. Soret pada tahun 1867 mengumumkan bahwa ozon adalah sebuah molekul gas yang terdiri tiga buah atom oksigen (O3).

Secara alamiah ozon dapat terbentuk melalui radiasi sinar ultraviolet pancaran sinar Matahari. Chapman menjelaskan pembentukan ozon secara alamiah pada tahun 1930. Di mana ia menjelaskan bahwa sinar ultraviolet dari pancaran sinar Matahari mampu menguraikan gas oksigen di udara bebas.

Molekul oksigen tadi terurai menjadi dua buah atom oksigen, proses ini kemudian dikenal dengan nama photolysis. Lalu atom oksigen tadi secara alamiah bertumbukan dengan molekul gas oksigen yang ada disekitarnya, lalu terbentuklah ozon. Ozon yang terdapat pada lapisan stratosphere yang kita kenal dengan nama ozone layer (LAPISAN OZON) adalah ozon yang terjadi dari hasil proses alamiah photolysis ini.

Lapisan ozon berada pada ketinggian 19 – 48 km (12 – 30 mil) di atas permukaan Bumi. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu.

LAPISAN OZON sangat bermanfaat bagi kehidupan di Bumi karena ia melindungi kita dengan cara menyerap 90% radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Diketahui bahwa Sinar UV sangat berbahaya dan dapat menyebabkan:

  1. penyakit kanker kulit,
  2. katarak
  3. kerusakan genetik
  4. penurunan sistem kekebalan hewan, tumbuhan dan organisme yang hidup di air
  5. mengurangi hasil pertanian dan hutan
  6. mematikan anak-anak ikan, kepiting dan udang di lautan, serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut

Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi yang sering disebut sebagai “efek rumah kaca”Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.

OZON DI MUKA BUMI, DI LINGKUNGAN SEKITAR KITA

Ozon bisa terjadi secara alamiah di dalam smog (kabut) terutama di kota-kota besar, seperti di Jakarta. Gas NOx dan hydrocarbon dari asap buangan kendaraan bermotor dan berbagai kegiatan industri, merupakan sumber pembawa terbentuknya ozon.

Reaksi dari ozon dengan gas hydrocarbon ini dilanjutkan dengan terbentuknya asam nitrat dan asam sulfate yang selanjutnya dapat menimbulkan hujan asam, yang selain membahayakan manusia juga dapat merusak berbagai ekosistem air.

Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dapat merusak paru-paru bahkan mampu menyebabkan kematian.

Karena sifat racun yg dimiliki oleh ozon ini, manusia menemukan ide seharusnya ozon bisa dimanfaatkan seperti: untuk membunuh kuman-kuman penyakit.

Berdasarkan pengetahuan manusia mengenai proses bagaimana terjadinya ozon, pada tahun 1857 Siemens berhasil membuat ozon dengan metode dielectric barrier discharge.

Pembentukan ozon dengan electrical discharge ini secara prinsip sangat mudah. Prinsip ini dijelaskan oleh Devins pada tahun 1956. Ia menjelaskan bahwa tumbukan dari electron yang dihasilkan oleh electrical discharge dengan molekul oksigen menghasilkan dua buah atom oksigen.

Selanjutnya atom oksigen ini secara alamiah bertumbukan kembali dengan molekul oksigen di sekitarnya, lalu terbentuklah ozon. Dewasa ini, metode electrical discharge merupakan metode yang paling banyak dipergunakan dalam pembuatan ozon diberbagai kegiatan industri.

Ozon, aktif species yang mempunyai sifat radikal ini, memerlukan juga perhatian khusus dalam penyimpanannya. Kadar 100 persen ozon pada suhu kamar mudah sekali meledak. Ozon akan aman disimpan pada suhu di bawah -183 oC dengan kadar ozon dalam campuran ozon dan oksigen dibawah 30 persen. Sekarang ozon kebanyakan disimpan dalam bentuk ozonized water atau ozonized ice.

MANFAAT OZON
Pemanfaatan ozon telah dilakukan lebih dari seratus tahun yang lalu. Ozon pertama kali di pergunakan oleh Nies dari Prancis pada tahun 1906 untuk membersihkan air minum. Berawal dari kesuksesan Nies ini di berbagai negara Eropa penggunaan ozon untuk mengolah air minum berkembang pesat.

Di Asia, pemanfaatan ozon untuk mengolah air minum pertama kali dilakukan di Kota Amagasaki, Jepang, pada tahun 1973. Namun, pemanfaatan pada waktu masih terbatas hanya untuk menghilangkan bau. Di Amerika, pemanfaatan ozon termasuk lambat, ozon dipergunakan pertama kali pada pusat pengolahan air di Los Angeles pada tahun 1987.

Memasuki tahun 1990-an pemanfaatan ozon berkembang sangat pesat. Berbagai pemanfaatannya antara lain, ozon untuk pengolahan air minum dan air limbah, ozon untuk sterilisasi bahan makanan mentah, serta ozon untuk sterilisasi peralatan.

Luasnya ruang lingkup penggunaan ozon ini tidak terlepas dari sifat ozon yang dikenal memiliki sifat radikal (mudah bereaksi dengan senyawa disekitarnya) serta memiliki oksidasi potential 2.07 V. Ozon dengan kemampuan oksidasinya dapat menguraikan berbagai macam senyawa organik beracun yang terkandung dalam air limbah, seperti benzene, atrazine, dioxin (Daito, 2000), dan berbagai zat pewarna organik (Sugimoto, 2000).

Melalui proses oksidasinya pula ozon mampu membunuh berbagai macam microorganisma seperti bakteri Escherichia coli, Salmonella enteriditis, serta berbagai bakteri pathogen lainnya (Violle, 1929).

Ozon juga dapat dipergunakan untuk mengawetkan bahan mentah makanan seperti daging dan ikan dengan menghambat perkembangan jamur (Kuprianoff, 1953). Hal yang sama juga dipergunakan untuk menghambat perkembangan jamur (Botrytis cinerea) pada sayur-mayur dan buah-buahan (Barth, 1995).

Dalam bidang kedokteran ozon mulai banyak dipergunakan setelah ditemukannya alat penghasil ozon untuk sterilisasi kedokteran oleh J Hansler pada tahun 1957. Penggunaan ozon dalam bidang kedokteran antara lain adalah untuk mencuci peralatan kedokteran.

Ozon dapat pula dipergunakan untuk meperlancar jalannya aliran darah. Di Jepang penggunaan ozon sebagai salah satu metode untuk mencuci peralatan kedokteran telah mendapatkan pengesahan dari Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan pada tahun 1995.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia, ozon pun dimanfaatkan di bidang pengobatan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas, seperti di Jerman. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar.

Sedangkan dalam perindustrian, ozon digunakan untuk:

  1. mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik)
  2. menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna)
  3. membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik)
  4. mencuci, dan memutihkan kain (dipaten)
  5. membantu mewarnakan plastik
  6. menentukan ketahanan getah
  7. pengawetan bahan makanan,
  8. sterilisasi peralatan kedokteran

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_ozon

http://id.wikipedia.org/wiki/Ozon

http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=29

http://www.e-smartschool.com/PNU/001/PNU0010007.asp

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/opini/ozon-dan-pemanasan-global.html

http://s0leh.blogspot.com/2007/09/banyak-masyarakat-kita-yang-belum-dan.html

http://antara.co.id/arc/2007/11/12/petugas-bahan-perusak-ozon-25-negara-bertemu-di-bali/

Lanjut ke bagian II, Lapisan Ozon Menipis Akibat Pemakaian CFC

Januari 30, 2008 - Posted by | Musirawas | , , , ,

17 Komentar »

  1. Saya ingin bisa membuat ozon untuk penguraian senyawa tertentu dalam air, kira-kira berapa biaya untuk alat yang paling sederhana ya…

    waduh Bos, maaf saya ga tau, coba aja tanya ke http://www.chem-is-try.org/ pasti mereka bisa jelasin

    Komentar oleh Violet | Februari 18, 2008

  2. lapisan ozon dapat berbahaya juga menguntungkan. saya pecinta lapisan ozon! saya bertanya “berapa lama pembuatan lapisan ozon?” ada yang tau?

    Komentar oleh randi | Mei 17, 2008

  3. kita kena ada kesedaran tentang lapisan ozon yang semakin menipis…

    Komentar oleh kirana cinta mentari | Juni 9, 2008

  4. pembuatan ozon sagat lah mudah dengan biaya sekitar 50 rb.dengan kapasitas pancaran 1-3m2.bisa juga dengan mudah menggunakan coil busi motor.untuk lebih lanjut silahkan konfirmasi ke feda76@yahoo.com.trims

    Komentar oleh satria | Juni 22, 2008

  5. aku kerja d perusahaan udang yang sedang mencoba menggunakan sterilisasi dgn ozon,tp tiap pg ada aja karyawati yg merasa eneg dan muntah2,ktk aku lmbur ampe mlm tenggorokanku kering dan batuk2 semalaman.apa yg hrs sy lakukan,apakah sy hrs minum susu shbis kerja?atau bgimn?

    Komentar oleh rief | Oktober 10, 2008

  6. ada hub nya nga, efek rumah kaca dengan rumah kaca (rumah atau bangunan yg sebagian besar pembuatannya terbuat dari kaca)

    Komentar oleh doer | Desember 14, 2008

  7. thx atas npormasinya

    Komentar oleh satrio rizky .w | Februari 4, 2009

  8. saya punya alat pembuat ozon keluaran Teda, apakah bahaya bila saya aktifkan di dalam ruangan, untuk membersihkan ruangan. biasanya saya hidupkan sambil nonton TV, atau sambil tidur di kamar, nyalanya sekitar 20 -20 menit.

    Komentar oleh syaikhu akramuddin | Maret 1, 2009

  9. saya kan kerja di pabrik air sebagai operator,saat saya kerja kadar ozonnya dinaikkan sampai 75%. disaat saya kerja saya sering menghirupnya sampe-sampe saya sering muntah dan dada saya sering sakit,apakah itu tdk berbahaya bagi saya n bagaimana cara mengatasinya???? thanks..

    Komentar oleh emil salim | November 15, 2009

  10. tolong artikan secara logika apa arti dari cfc dan knp penggunaannya akn d akhiri ,,bagaimana dg yg masih menggunakan sistem cfc apa ada penggantinya yang ramah lingkungan?………….

    Komentar oleh indra | November 20, 2009

  11. seharus nya manusia meyadari karna bahaya nya lapisan ozone menipis………..

    Komentar oleh ijep | Mei 13, 2010

  12. saya ingin tanya apakah terapi ozon darah itu dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah dalam waktu 10 thn kemudian? dan apakah terapi ozon darah itu benar-benar bisa membantu meningkatkan kesehatan/ meningkatkan metabolisme tubuh? kesimpulannya bahayakah apabila melakukan terapi ozon darah secara rutin misalnya 1 bln 1 kali untuk menjaga kesehatan .

    Komentar oleh hasan | Mei 29, 2010

  13. klo mo tahu tentang harga alat sterilisasi ozon bisa hubungi saya ke no 081357987094

    Komentar oleh zarkasih | Agustus 16, 2010

  14. Apa ozon yang dihasilkan dengan medan listrik ini dapat menambal lubang-lubang ozon di atmosfer?

    Komentar oleh Yasmin Zulfati Yusrina | November 26, 2012

  15. wah ini susah jawabnya… :( heee

    Komentar oleh O-S | Desember 30, 2012

  16. waduh..buru2 ke dokter Pak…. Dokter jauh lebih paham…

    Komentar oleh O-S | Desember 30, 2012


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: