Ozon-SILAMPARI

Buletin Online Wang Kite

Budidaya Lebah Madu

Berkaitan dengan upaya pemberdayaan masyarakat XIP tengah mendalami kegiatan beternak lebah madu di :

Pusat Perlebahan Pramuka (Apiari Pramuka)
Komplek Wiladatika, Cibubur
Jakarta Timur 13720
Telp/Faks. : 021-8445104

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan pembuatan kompos dan kertas daur ulang. Berdasarkan evaluasi internal kedua jenis pelatihan ini masih belum diterima oleh masyarakat dengan baik. Mudah-mudahan dengan hadirnya pelatihan ternak lebah madu, bisa memberikan hasil dan manfaat lebih baik lagi bagi masyarakat.

Perlengkapan ternak lebah madu skala kecil atau masa percobaan diantaranya yaitu:

  1. Kotak kosong unggul 1 buah
  2. Ekstraktor unggul 1 buah
  3. Smoker 1 buah
  4. Topi dan masker 1 buah
  5. Pengungkit dan pisau madu 1 buah
  6. Sikat lebah 1 buah
  7. Sarang pondasi unggul 10 lembar
  8. Bingkai sarang 10 buah
  9. Koloni lebah unggul 2 kotak

Munculnya ide ternak lebah madu diawali ketika XIP dan SmartWood melakukan monitoring penebangan di desa Beringinsakti, Kecamatan Rawasilir. Selepas keluar dari lokasi kami bertemu dengan petani yang menawarkan madu.

Dia menjelaskan bahwa madu yang berasal dari kebunnya tersebut dihasilkan dari lebah yang menghisap madu dari bunga tanaman dan pohon yang tumbuh di sekitar rawa-rawa.

Kita juga mengetahui bahwa madu yang dijual masyarakat disini kebanyakan berasal dari alam. Muncullah ide budidaya/ternak lebah madu.

Berdasarkan literatur, madu yang dikonsumsi secara teratur memiliki manfaat:

  1. meningkatkan daya tahan tubuh
  2. menyembuhkan darah tinggi dan darah rendah
  3. membuat enak tidur
  4. mengobati rematik
  5. memperlancar fungsi otak
  6. menyembuhkan luka bakar

Pemberdayaan Masyarakat

Mei 30, 2008 - Posted by | XIP | , ,

43 Komentar »

  1. [...] Budidaya Lebah Madu [...]

    Ping balik oleh PEMBERDAYAAN MASYARAKAT « Ozon-SILAMPARI | Mei 30, 2008

  2. Saya sedang meneliti potensi lebah madu di desa binaan CSR perusahaan saya. Lebah berasal dari alam, sarang manual dibuat dari batang kelapa sepanjang +/- 60cm dibelah dua. Dalam waktu maksimal 2 minggu sudah akan ada koloni tinggal di pelepah kelapa yg kita siapkan.
    Tapi saya butuh masukan, mana yg lebih baik, sarang tradisional spt itu atau yang versi pakai kotak?
    Siapa bisa menampung produk lebah alam kami?
    Tkasih sebelumnya atas segala masukannya buat kami

    Komentar oleh Fifi | Juni 21, 2008

  3. kami juga pernah denger budidaya lebah madu dengan sarang seperti itu. Mestinya ada kelebihan dan kekurangannya, setidaknya untuk mengundang lebah menetap di sarang tsb memerlukan waktu yg relatif lama, perlu mencari lokasi yang tepat. Kami pun juga sedang melangkah ke arah situ, sebagai upaya alternatif.

    Sementara ini,gimana kalo dititipkan (konsinyasi) dengan toko2 di sekitar kota anda dengan harga promosi??

    OC, sukses ya

    salam

    Komentar oleh O-S | Juni 22, 2008

  4. Denagn hormat

    Bagai mana yah kalau mau ikutan pelatihan budidaya lebah madu
    mohon informasinya dong

    Komentar oleh rio riano | Agustus 15, 2008

  5. mohon info tentang beternak lebah madu, mulai dari bibit, tempat, pemeliharaan, sampai dengan penanganan hasilnya. saya dari kota wonogiri. sebelumnya terima kasih

    Komentar oleh budhi r | Agustus 24, 2008

  6. pak bagaimana makanan lebah

    Komentar oleh maryono | September 8, 2008

  7. lima tahun lalu saya membeli buku Lebah Madu:Cara Beternak & Pemamfaatan, penyusun:Pusat Perlebahan APIARI Pamuka. Yang saya masih bingung membuat stup,tolong berikan detail yang jelas beserta ukuran serta urutan pemasangan stup. Saya ingin bertenak lebah, sebab dapur rumah saya disela dinding dihuni lebah.

    Komentar oleh gunawan andi | September 18, 2008

  8. tolong berikan gambar atau cara tentang membuat kotak lebah.
    trimakasi

    Komentar oleh dhaniev | November 18, 2008

  9. kaya’nya bisnis ini sangat menarik bagi dong infonyaaa

    Komentar oleh kukuh purwono | Januari 3, 2009

  10. saya tearik dengan budidaya lebah madu avis melivera, kalau mau mencoba berapa harga satu koloni lebah,kotak plus ongkos kirinya, saya di banjar-jawa barat

    Komentar oleh ajat sudrajat | Februari 6, 2009

  11. saya tertarik dengan budidaya lebah madu bagaimana caranya agar saya bisa mengikuti pelatihan budidaya lebah madu mohon infonya ya tx sebelumnya

    Komentar oleh Nurdin | Februari 28, 2009

  12. bagaimana saya mendapatkan induk lebah madu,,saya ingi belajar ternak madu

    Komentar oleh karel | April 1, 2009

  13. saya mau tau apakah usaha lebah madu cukup menjanjikan, apakah dapat dijadikan peluang usaha, satu kotak lebah biasanya menghasilkan berapa & setiap berapa bulan pemanenanya?? mohon penjelasanya!

    Komentar oleh edwar | April 24, 2009

  14. saya tertarik utk mulai ternak lebah madu di bintan kepri mohon bantuan nya dong.. gimana mendapat kan lebah nya. gimana cara dari awal mohon bantuan nya ni e-mail saya. terima kasih sebumnya.

    khaidir.oza@gmail.com

    Komentar oleh khaidir | April 26, 2009

  15. kira2 saya bisa mendapatkan perlengkapan awal ternak lebah di toko apa? biasanya dijual di pasar jenis apa? terima kasih

    Komentar oleh Jevie | Juni 26, 2009

  16. Kapan adanya pelatihan lebah madunya kami sangat tertarik

    Komentar oleh Bambang Eko S | Agustus 31, 2009

  17. saya sangat tertarik dgn usaha ini, saya harap anda mau memberikan saran untuk pemula. bagaimana cara yang baik untuk usaha ini agar berkembang…” trimsss

    Komentar oleh sugiarto | September 3, 2009

  18. mohon info tentang budidaya lebah madu, mulai bibit,tempat,pemeliharaan,sampai dengan proses produksi dari hasil. bagi saya yang pemula dalam bidang ini. trims

    Komentar oleh sugiarto | September 6, 2009

  19. saya juga ikutan mohon info tentang permaduan dari A sampai Z nya. Pengen banget tuh punya kerjaan pelihara lebah kan banyak manfaatnya . termasuk harganya kan mahal juga bisa tuh buat profesi. tks

    Komentar oleh widodo | Oktober 21, 2009

  20. saya tertarik dengan pembudidayaan lebah madu, mohon info mulai dari perlengkapannya,bibit,sampai proses produksi dan hasilnya karena didaerah saya masih bayak hutan dan pohon yg tinggi, dan biasanya disitu lebah bersarang. o ya sy dari flores makasih sebelumnya.

    Komentar oleh verita kemba | Desember 15, 2009

  21. Asslmualaikum,. . .
    Saya ingin sekali budidaya lebah,tp d bidang ini saya sama sekali belom punya pengalaman,bagaimana ya caranya mendapatkn induk nya,trs untuk peralatan seandainya beli d mana mendapatkanya,apa yang saya lakukan sebagai pemula..apakan bisa dengan butget sedikit karena mungkin kendala utama d modal. . .
    Trimakasih. . . . .

    Komentar oleh bachtiar ,blitar | Desember 21, 2009

  22. saya tertarik dengan budidaya lebah madu,,,,,gimana cara awalnya,,ada tidak yang punya info lengkap mulai dari awal ternaknya…atau cd tutorial terima kasih

    Komentar oleh ardan | Januari 16, 2010

  23. Tolong dimana saya bisa membeli 1 kotak koloni lebah, harga dan ongkos kirimnya berapa, trim’s

    Komentar oleh Septian Adi | Januari 30, 2010

  24. tolong dong dengan cara caranya,,yang banyak dibutukan cara caranya

    Komentar oleh ian | Februari 22, 2010

  25. saya tinggl di medan jl. gaperta saat ini saya banyak memiliki madu tapi masih bingung penyaluranya, untuk 1 kilonya saya jual Rp 45.000, bagi yang berminat bisa hub 085261409624

    Komentar oleh sholihin | Februari 27, 2010

  26. berapa harga ratu lebah dan alat2 selengkapnya ?

    Komentar oleh anissa | Maret 7, 2010

  27. saya punya stock box lebah 2000 pcs.tolong dibantu untuk memasarkan .ukurannya 54 x 48.5 x 35,5.harga kurang lebih Rp.40 rb.tolong dibantu saya pak,
    Hp 085853000908.
    solikin

    Komentar oleh solikin | Mei 10, 2010

  28. ma,af waktu pelatihanya di tentukan apa swaktu waktu bisa hadir. mohon infonya terimakasih saya sangat mengharapkan jawabnya. mujionopepenk@imail.com

    Komentar oleh mujiono | Mei 27, 2010

  29. pupuk organik : petani di klaten Kecamatan Ceper, membuktikan dgn pupuk organik dpt menyelamatkan padi dr serangan wereng.

    Komentar oleh pupuk organik | Juli 16, 2010

  30. saya punya lahan pekarangan,pengin budidaya lebah.gimana ya caranya???tolong jelasin dari tingkjat pemula

    Komentar oleh bahri | Juli 24, 2010

  31. saya pengen blajar budidaya lebah madu,ke man saya harus blajar pak?

    Komentar oleh yogi prima genefri | Juli 31, 2010

  32. d konfeksi tmn saya banyak lebah madu dan saya ingin memberi tahu bagi siapa saja yang mau dateng aja k konfexi hendra di jl moch toha,dayeuhkolot jl cisirung,palasari rt03/03 kal.pasawahan saya bingung d usir udah tapi mereka pada blk lg saya takut dan kasian so mereka pada mati sendiri.

    Komentar oleh priyo | Oktober 4, 2010

  33. saran; kalo bisa kasih gambar alat2/perlengkapan biar lebih jelass…..

    Komentar oleh hidayat | November 6, 2010

  34. Saya tertarik untuk membudidayakan lebah madu. Jadi untuk pemula seperti saya berapa biaya yang saya perlukan. dan berapa luas lahan yang harus disiapkan. Tolong di balas

    Komentar oleh Andy Priyono | Januari 3, 2011

  35. Saya sedang mencari bibit lebah mellifera. Di Lubuk Linggau daerah mananya ya (beserta nomor kontak kalau bisa) ada peternak lebah mellifera? saya domisili bengkulu

    Komentar oleh Johni | Januari 30, 2011

  36. Mohon informasi tentang budidaya lebah madu, dan bagaimana saya bisa memulai usaha ini?
    Dari mana saya bisa membeli bibit lebah madu unggul di Indonesia?
    Terima kasih

    Komentar oleh yenyen | Maret 30, 2011

  37. Bagai mana yah kalau mau ikutan pelatihan budidaya lebah madu
    mohon informasinya dong

    Komentar oleh Iswadi Idris | Mei 15, 2011

  38. bagai mana cara mengundang lebah dengan cepat

    Komentar oleh faiz | September 6, 2011

  39. bagaimana cara mengundang lebah madu dengan cepat
    TOLONG BALAS DI WEB SAYA

    Komentar oleh faiz | September 6, 2011

  40. saya sangat berminat dg budidaya lebah madu, ingin belajar dan beternak tlg hub saya no hp 085265644644

    Komentar oleh siti halimah | Desember 11, 2011

  41. ARTIKEL YG SANGAT MENARIK. masih penasaran buat saya dg info tentang kehebatan dari produk “madu”. sangat tertarik pula utk budidaya ditempat saya. walau setelah baca “tata caranya” saya tak paham sama sekali. & ribet kayaknya.
    saya tinggal dipulau belitung. masih banyak sekali hutan disini. bunga2 liar dihutan bs m’jadi makanan & kandungan yg perfect di madu. sangat ingin buat saya berkenalan dg peternak lebah, yg mungkin ingin melebarkan sayap & budidaya diluar daerah. bisa contact saya di O813319395O5 atau email ; dedybelitung@gmail.com

    Komentar oleh DED | Desember 21, 2011

  42. beberapa hari yang lalu saya bawa sarang lebah dari hutan tapi saya awam dalam memelihara lebah tersebut. Tadinya saya hanya berniat untuk proses terapi sengat lebah yang baru dijalani tapi alangkah baiknya jika saya bisa membudidayakannya tapi apa yang harus saya lakukan???.

    Komentar oleh wisataasri64 | Maret 27, 2012

  43. kalo tertarik join or kerjasama diluar daerah… kontak saya aja… aku punya lahan nganggur. disini masih lumayan ada hutan. potensial. pengen sih bisa ternak madu. disini madu diambil dari hutan. 081331939505

    Komentar oleh Aji Setiawan | Oktober 4, 2012


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

