Ozon-SILAMPARI

Buletin Online Wang Kite

C O C……bukan CoooK….

Jam 5 sore saat hujan tiba, Cak Doell berteduh di pos jaga pintu masuk PT. XIP. Disitu kebetulan ada Pak Satpam sedang asyik ngobrol dengan beberapa orang.
Selamat sore pak…sapa Cak Doell. Monggo pak masuk….jawab seseorang yang ternyata bukan satpam tapi suplyer yang sedang ikut berteduh.

He he he….lagi gayeng yo ngobrolnya….ikut berteduh yo pak…mau pulang tapi hujan je..kata Cak Doell ke Pak Satpam. O yo…silahkan pak, wong nggak dipungut biaya ini…jawab Pak Satpam.
Ngomong-ngomong lagi ngobrolin opo kok sampe cekikikan…mesti jorok yo…tanya Cak Doell…..
He..nggak Cak..sitik thok…kata Pak Satpam dan nyelonong keluar mbukakan pintu gerbang karna ada truk mau masuk bawa kayu.
Lho…wis di cek surat jalane pak…tanya Cak Doell ke Pak Satpam. Udah!!! Jawabnya…”kenapa sih harus dicek log lisnya segala….” Tanyanya. O…yo penting no pak..itu kan salah satu bagian COC…jawab Cak Doell singkat. Opo sih COC itu Cak…tanyanya lagi.

Gini tak critani Apa itu COC dan Kenapa COC itu harus…tapi yo…bikinkan kopi sik no..aku…
Setelah nyeruput kopi sambil menghisap rokok Cak Doell “berkotbah” layaknya Calon Walikota….

COC itu dalam bahasa ‘kerennya’ Chain of Costudy yang artinya lacak balak. Jadi COC itu bukan Coook…(umpatan ala jawa timur) sambil ngakak. Maksud dari lacak balak itu untuk mengetahui asal muasal e kayu tersebut. Darimana kayu tersebut harus ketahuan nama petanine, nama suplyere, alamat kebune, desane, kecamatane, jumlah batange, jumlah potongane dan lain-lain.

Walah..walah mumet aku…timpal suplyer yang dari tadi ndengerin “kotbah” Cak Doell…terus opo tujuane Cak…tanyanya dengan serius.
Layaknya Calon Walikota…Cak Doell berkotbah lagi…gini lho… kalo orang itu tertib…pasti hidupnya akan tenang. Contohnya ngene…kamu punya motor sendiri, tapi STNK atau SIM ketinggalan, atau gak ada spionnya….piye coba kalau mau ke kota…gak tenang to…

Sama dengan COC pak…tujuane juga untuk mentertibkan sampean dan perusahaan…Opo gelem sampean di cap mbawa kayu ilegal atau kasare colongan…gak gelem to…parahnya lagi nanti kalau benar-benar kayumu itu curian…urusannya panjang pak…sampean ketangkep polisi hutan/ polisi umum. Sampean wis disita kayune, truk e, malah mlebu penjara…rugi to….akupun sebagai karyawan PT. XIP juga gak mau dibilang penadah kayu curian dong…isin aku…

Perlu sampean ketahui yo…kejadian penangkapan iki sudah sering terjadi di perusahaan perusahaan lain…bahkan sampai perusahaan yang menerima kayu tersebut di segel gak boleh beroperasi….piye jal….rugi suplyer juga rugi perusahaan to…Lha ini gimana kalo menimpa sampen sebagai suplyer di PT. XIP.

Makane di Nomeri tunggul dan batange… jo lali ngisi log listnya bener kalo masih mau masukin kayu ke sini….kasihan sampean dan aku to…apa lagi karyawan di XIP sini ribuan…yen di segel nganggur kabeh pak…

sekali lagi aku minta sampean untuk tertib njalani COC yang telah ditentukan oleh PT. XIP kalo masih punya hati nurani bagi ribuan “Buruh” yang mencari sesuap nasi disini…yo wis pak…wis jam 6 hujane yo wis reda…aku tak pamit pulang dan makasih kopinya Pak Satpam…kapan-kapan disambung lagi….

(by Gandhoel)

Februari 5, 2008 - Posted by | Sertifikasi | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: