Ozon-SILAMPARI

Buletin Online Wang Kite

Jadwal Audit

Pertama- tama kami mohon maaf sudah sebulan buletin tidak terbit. Hal ini disebabkan kesibukan tim redaksi mempersiapkan Audit tahunan yang diselenggarakan bulan maret dan Mei 2008.

Seperti yang telah diketahui pada tahun 2007 PT.XIP berhasil memperoleh 2 sertifikat FSC, yaitu sertifikat FM (Forest Management) dan sertifikat COC (Chain of Custody).

Biasanya, pada tahun-tahun sebelumnya audit kedua jenis sertifikat di atas dilaksanakan bersamaan, yaitu kurang lebih 10 hari. Sebagai auditor sertifikasi, SmartWood, setelah memberitahukan kepada publik, auditor langsung melakukan penilaian PT.XIP di pabrik dan beberapa lokasi desa yang dituju.

Karena jadwal audit SmartWood saat ini lagi padat, audit sertifikasi untuk PT.XIP terpaksa dilakukan dua kali yaitu bulan maret dan awal bulan Mei. Oleh karena itu tim redaksi sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya dan mohon bisa dimaklumi.

Seperti yang kami rencanakan sebelumnya, kembali edisi ini akan mengulas sedikit mengenai pelaksanaan pelatihan pembuatan kertas daur ulang dan pembuatan kompos.

Pada minggu yang lalu kami telah menyampaikan surat permohonan sosialisasi kegiatan tersebut kepada Kepala Desa Selangit. Karangpanggung Terawas dan Sadarkarya.

Pelatihan telah dilaksanakan di Desa Sadarkarya yang dihadiri oleh beberapa anggota kelompok tani, sedangkan di desa lainnya belum ada konfirmasi dari Kepala Desa masing-masing, mungkin dikarenakan banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan.

Khususnya bagi warga Sadarkarya mereka sudah lama membuat kompos secara mandiri, hanya saja tidak secara intensif.

Warga merasa agak keberatan apabila pembuatan kompos dilakukan secara berkelompok. Hal ini dirasa menyita waktu, mengingat waktu yang dimiliki cukup sempit. Umumnya petani karet, mereka mengurus kebun dari pagi hingga sore hari.

Menyangkut pelatihan pembuatan kertas daur ulang, sementara ini disimpulkan bahwa masyarakat belum begitu berminat untuk mengembangkannya, disamping kendala keterbatasan waktu yang ada.

Berdasarkan sedikit pengalaman ini, kami menyadari masih perlu banyak belajar untuk menciptakan program yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, kami juga perlu meneliti lebih dalam lagi tentang bagaimana caranya kedua program ini bisa menarik bagi masyarakat.

Buletin OS IX

Download Buletin OS I s/d VIII

Proses Perijinan Sosialisasi

Maret 26, 2008 - Posted by | Sertifikasi, XIP | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: