Ozon-SILAMPARI

Buletin Online Wang Kite

AUDIT TAHUNAN (2)

Pola pemanfaatan kayu rakyat yang dianut mengondisikan dan mewajibkan XIP untuk terus mengembangkan kelompok tani yang ada setiap tahunnya. Dengan terbentuknya kelompok tani kebun karet binaan PT.XIP, akan meningkatkan kualitas COC yang sedang dijalankan XIP sekaligus lebih menjamin pengaturan hasil hutan/kebunnya di masa yang akan datang. Sehingga pengamatan stok kayu bisa berjalan lebih baik lagi.

Di lain pihak, evaluasi yang baru saja dilakukan khususnya berkaitan dengan persyaratan keanggotaan kelompok tani di desa Sumberharta, ditemukan sekitar 50 % anggota bersedia melengkapi salah satu persyaratan administrasinya yaitu memberikan salinan surat kepemilikan lahan.

Berdasarkan keterangan Ketua Kelompok Tani Sumberharta Bapak Riyadi, sebagian besar anggota kelompok tani masih ragu untuk memberikan salinan/focopy surat kepemilikan lahan kepada XIP. Mereka khawatir dengan memberikan salinan tersebut lahan beserta isinya suatu saat akan diambil oleh XIP. Bapak Riyadi sudah berupaya menjelaskan sejelas-jelasnya, tapi anggota masih juga ragu.

XIP bisa memahami kekhawatiran anggota. Perlu dijelaskan bahwa tujuan XIP meminta salinan surat kepemilikan lahan ini adalah XIP hanya ingin memastikan bahwa pulai/labu yang didaftarkan oleh anggota memang benar-benar berada di lahan mereka atau tidak, itu saja. Seperti yang dijelaskan pada Prinsip FSC nomor 2 tentang HAK DAN TANGGUNG JAWAB PENGGUNAAN LAHAN SERTA KEPASTIAN KAWASAN bahwa XIP yang sedang menjalani program sertifikasi wajib menjamin kepastian lahan yang dikelola, termasuk lahan kelompok tani, dengan cara menunjukkan salinan surat kepemilikan lahan yang sah.

Perlu kita pahami pula bahwa, salinan/fotocopy surat kepemilikan lahan tidak bisa digunakan oleh siapapun untuk mengakui lahan yang tercantum dalam surat tersebut. Jadi tidak mungkin XIP akan secara otomatis menyerobot lahan petani, hanya karena diberi salinan/fotocopy surat kepemilikan lahan.

Seperti yang tercantum di dalam Surat Pendaftaran Anggota Kelompok Tani, dijelaskan bahwa keanggotaan bersifat sukarela. Dan dijelaskan pula bahwa petani yang mendaftar menjadi anggota kelompok tani binaan XIP, wajib melengkapi persyaratan dan mentaati kewajiban-kewajiban yang ada. Artinya, anggota yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak mentaati kewajiban dianggap mengundurkan diri.

Mudah-mudahan uraian ini bisa dipahami, dan dalam waktu dekat petugas XIP akan mengajak diskusi secara langsung dengan anggota kelompok tani.

Audit Tahunan 2008 (1)

Pentingnya Kelompok Tani bagi PT.XIP

FSC STD 01 001 V4 0 EN FSC Principles and Criteria.pdf

Uraian singkat 10 Prinsip dan Kriteria FSC

Mei 30, 2008 - Posted by | XIP | ,

1 Komentar »

  1. […] Audit Tahunan 2008 (2) […]

    Ping balik oleh AUDIT TAHUNAN 2008 (1) « Ozon-SILAMPARI | Mei 30, 2008


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: